Sisi Mistis Wayang Kulit

Sisi Mistis Wayang Kulit

Infometafisik.com - Kalian pasti tahu apa itu wayang. Wayang itu khas Indonesia. Wayang kulit khas Indonesia ini biasanya dimainkan pada pertunjukan daerah. 

Wayang kulit ini selalu dimainkan oleh dalang dan diiringi musik gamelan dan nyanyian dari sinden. Tapi tahukah kalian bahwa wayang kulit memiliki kemistikan? Tak heran jika Indonesia sarat dengan mistik, tarian saja menggunakan hal-hal berbau mistik. Apakah hanya itu? tidak. Wayang kulit dan gamelan juga berbau mistis.

Ini cerita dari kakek saya yang diceritakan oleh mama saya. Dulu kakek saya mempunyai koleksian wayang kulit di peti kayu sebagai harta warisan keluarganya. kakek saya juga biasanya memainkannya saat di lokasi desanya ada semacam pagelaran. 

Dan bagi mama dan saudara lainnya, wayang itu hanyalah kulit hewan yang dikeringkan. padahal tiap malam, dari dalam peti kayu itu selalu keluar bunyi-bunyi seperti ingin keluar dari kotak itu. dan tidak ada yang berani menanyakannya pada kakek saya.

Hingga pada suatu hari terjadi hal yang tidak diinginkan. Sepulang pagelaran,kakek saya langsung tertidur karena kecapekan. Entah lupa atau karena kecapekan, kakek saya tidak menggembok peti kayu itu. 

Dan..malam itu berbeda dari malam biasanya. Di tengah malam, mama saya dan saudaranya mendengar suara seperti permainan wayang. Ada suara sinden, ada suara gamelan, dan tentunya suara dari wayang itu sendiri.

Satu keluarga memutuskan untuk mengintip dari balik pintu. Dan tercenggang kagetlah mereka saat mereka melihat wayang-wayang itu bermain sendiri. biasanya wayang itu dimainkan oleh dalang, tapi kali ini tidak. 

Keesokannya, semuanya menanyakan pada kakek perihal kejadian tadi malam. Dan kakek mengatakan bahwa sebenarnya dalam pertunjukan wayang, bukan dalang yang menggerakkannya. Tapi wayang itu bergerak sendiri. dalang hanya sebagai 'perantara' agar tidak dianggap gaib dan dalang juga yang berbicara sesuai dengan cerita dari wayang itu sendiri.

0 Response to "Sisi Mistis Wayang Kulit"