Inilah Hantu-hantu Paling Menakutkan Dari Pulau Kalimantan

Inilah Hantu-hantu Paling Menakutkan Dari Pulau Kalimantan

Infometafisik.com -  Tak bisa disangkal jika Indonesia memiliki segudang cerita misteri yang beredar di masing-masing daerah. Misalnya saja di Jawa, ada saja tempat-tempat keramat yang dipercayai dihuni oleh makhluk halus dengan wujud yang seram dan mengerikan.

Dari sekian contoh, Genderuwo salah satunya, sosok mistik dari kepercayaan dari agama Hindu dan Budha ini sejenis makhluk dari bangsa jin dan dikategorikan sebagai hantu mata keranjang karena kebiasaannya yang suka berbuat cabul kepada wanita.

Pulau Kalimantan yang terkenal dengan perhiasan jenis batu alamnya, pun punya cerita misteri di dalamnya. Penduduk sekitaran Kalimantan mempercayai dan mengalami peristiwa mistik yang datang dari dunia astral. Makhluk halus yang paling membuat geger dan menakutkan di wilayah tersebut ketika ditemukannya sosok kuyang, yakni siluman berwujud kepala manusia dengan organ dalam lainnya yang terbang untuk mencari makan.

Disamping kuyang, ternyata Kalimantan juga masih memiliki hantu menakutkan lainnya yang tak kalah menyeramkan. Sosok gaib menakutkan jenis apa lagi kah yang membuat resah warga? Berikut ini infometafisik.com menghimpun 4 Hantu paling menakutkan lainnya dari pulau Kalimantan.

1.  Mariaban - Si Hewan Bulu Perindu
Sosok siluman ini adalah hewan gaib berbulu lebat yang tinggal di pedalaman hutan kalimantan. Warga setempat biasanya mencari hewan ini untuk di ambil bulunya (buluh-perindu) dimana dapat digunakan untuk memikat(pelet) wanita. 

Mariaban ini dikatakan sangat gemar dengan darah, makhluk bisa menyerang dan menyantap manusia yang ditemui di wilayah habitatnya. Kemunculan Mariaban tidak bisa diprediksi, terkadang bersembunyi, namun kadang ia juga muncul dengan menyamar sebagai wujud manusia yang tidak begitu sempurna karena badannya yang besar dan matanya yang merah menyala.

Bagi orang yang menyimpan bulu atau minyak Mariaban biasanya akan terpengaruh oleh sifat makhluk itu sendiri. Pemilik bulu atau minyak tersebut akan memiliki sifat yang emosional, membikin kekacauan dimana-mana dan bahkan bisa membunuh manusia begitu saja.

2.  Hantu Air Berwujud Tikar
Hantu Banyu berwujud seperti tikar yang terdapat di dalam air. Umumnya mendiami sungai-sungai yang angker dan sesekali muncul kepermukaan. Konon hantu ini dapat menggulung manusia yang berenang sehingga dapat kehilangan nyawa karena lemas dan tenggelam. Terkadang juga digambarkan sebagai sosok makhluk seperti laba-labi. Diduga sering ditemukan sungai dan danau.

Dari penuturan warga setempat, kehadiran hantu banyu ini memiliki ciri-ciri ketika kita menyentuh air Sungai Musi, biasanya air di permukaan terasa hangat. Namun di dalam, air tetap dingin atau air di permukaan tenang tapi di dalamnya air berputar-putar.

Tak hanya menyerang orang yang berenang, di yakini hantu banyu juga menyerang orang yang berperahu, menggunakan rambutnya yang panjang dan mirip sotong hantu ini mampu membuat sebuah perahu karam.

3.  Anak Sima - Si Bayi Pemakan Jantung
Kisah masyarakat tentang Anak Sima ini penuh misteri, dari kabar yang beredar mengatakan, Bahwa Anak Sima berasal dari anak kapang (seorang anak terlahir dari hubungan tidak sah), oleh karena merupakan anak hubungan gelap maka ibu sang bayi membuangnya ke dalam hutan lebat setelah dilahirkan, guna membuang aib. Bayi yang baru lahir ini menangis sejadi-jadinya, lalu bayi ini dihampiri oleh Takau (sosok hantu paling kuat dalam cerita rakyat Kalimantan Selatan, dapat berubah bermacam bentuk dan ilmunya tinggi sekali) dan dipelihara oleh hantu ini.

Berhubung dipelihara oleh hantu, kemudian Anak Sima pun memiliki ilmu hantu dari Takau. Dipercaya Anak Sima mempunyai ilmu yang lumayan hebat semacam ilmu pengasihan, dengan tangisannya orang akan terpesona sehingga mencari-cari asal suara tersebut. Hantu ini akan memakan jantung manusia hidup ketika ia berada dipangkuan seorang yang iba ketika mendengar ia menangis.

Saat berada di pangkuan orang itulah cara Anak Sima membunuh manusia, pelan dan sedikit demi sedikit memakan daging punggungnya sampai berlubang setelah itu diambilnya jantung kemudian dimakannya.

4.  Hantu Berwujud Setengah Kambing dan Setengah Manusia
Warga sering menyebutnya Hantu kambe, hantu ini merupakan jenis hantu yang berwujud setengah kambing (hewan) dan setengah manusia. Menurut cerita hantu ini memiliki badan manusia dengan rambut yang panjang dan berkaki kambing, namun ada juga yang meyakini hantu ini memiliki wujud seperti kambing dengan surai yang panjang dan menakutkan. 

Hantu ini tidak membunuh manusia, karena siluman yang bertubuh kerdil ini biasanya mengganggu kambing. Kedatangannya biasanya diikuti dengan suara kambing ribut yang diyakini disebabkan hantu ini ikut menyusu pada induk kambing.  Makhluk ini yang paling sering ditemukan semak berlukar dan kandang kambing.

1 Response to "Inilah Hantu-hantu Paling Menakutkan Dari Pulau Kalimantan"